Masih di #kamitidaktakut

Di pertengahan bulan ini, tepatnya tanggal 14 Januari 2016, Indonesia mendadak dibuat panas oleh teror bom di Jalan Thamrin, tepatnya di pos polisi depan Mall Sarinah dan di kafe Starbucks Coffee (berita selengkapnya bisa dibaca di sini). Hari ini tepat dua minggu sejak kejadian tersebut, namun rasanya orang-orang Indonesia cepat melupakan suasana teror hari itu yang cukup mencekam. Tidak heran, kelemahan rakyat Indonesia ini seringkali digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengalihkan isu.

Post gw kali ini bukan ingin menyoroti kejadian di TKP atau analisis penyebab terjadinya peledakan dan penembakan pada saat itu. Gw hanya ingin menggambarkan ketegangan yang dialami mayoritas penduduk Jakarta—bahkan Indonesia—saat teror tersebut terjadi. Saat itu gw sedang bekerja di balik meja kantor saya. Walaupun TKP cukup jauh dari kantor gw, namun konsentrasi gw cukup terganggu dengan pemberitaan yang saya baca melalui media online, melalui televisi (kolega saya langsung menyalakan TV keras-keras hingga suaranya bergaung hingga ke seluruh penjuru ruangan kantor, menambah suasana kelam saat itu), dan juga melalui grup WhatsApp dan Line.

Jujur, saat itu gw resah dan cemas sekali. Setiap menit ada saja isu yang benar maupun tidak benar beredar (kebanyakan yang beredar adalah yang tidak benar, bayangkan!). Belum lagi foto TKP dan para korban yang membuat perut gw agak mulas. Mata gw terus memantau smartphone saya, sambil berdoa.

Berikut adalah pesan yang gw kopi langsung (tanpa edit) beberapa  grup di WhatsApp dan Line, yang saat itu (bodohnya) gw percayai sebagai live report :

  • [1/14, 11:20] pedro ginanjar: Jangan ada yg keluar kantor dulu guys, ada terios hijau sama motor trail bawa2 ak 47 nembak
    [1/14, 11:21] pedro ginanjar: Nembakin pengguna jalan membabi buta
  • Hindari tmpt2 makan/minum yg merupakan franchise dr Amerika…
    Karena saat ini ada ancaman bbrp titik tmpt2 tsb sudah dipasangin bom…Stay aja di rumah, lebih baik…
  • Sdh terjadi peledakan di 5titik…
    – Sarinah
    – Pondok Indah
    – Alam Sutera
    – Palmerah
    – Kedutaan Perancis…Terjadi Baku Tembak juga…
  • Dari orang BIN: Might be like paris attack.. Jd better gak usah do any unnecessary travel utk hari ini……. Go straight home….. Lagi expecting several bom menyusul…. 7 kali ledakan soalnya dan baku tembak
  • Info pak Andi Kapolsek , hari ini ada rencana 53 titik peledakan bomb di jakarta..mohon waspada , please share to all your staff…Kapolsek pademangan
  • Kebon jeruk dan cikini baru saja ada peledakan
  • Info dr teman di kemenlu sehub dgn JAKARTA UNDER ATTACK!

Info OHSE: Bapak dan Ibu sekalian.

Mhn bisa dijalankan Instruksi ini dan disebarkan kepada pihak lain yg membutuhkan.

Hindari bepergian ke arah mall, lokasi restaurant atau caffee, lokasi hang out atau apapun saat ini juga.  Kurangi dahulu activitas bertemu dengan pihak ke 2 bak itu relasi maupun customer.

Lakukan monitoring berita dengan valid dan update. Hindari dengan sosmed dan info satu dengan lainnya yg kurang mendasar sumber nya. Ini bisa menyesatkan dan membingungkan.

Sekali lagi tetap tenang dan waspada. Jgn terpancing kepada apapun apalagi memposting, melihat dan ikut serta membantu. Cukup tenang dan jaga kondisi selalu.

Pihak kami msh terus koordinasi dengan beberapa pihak yg berhubungan dengan hal tsb.

Demikian  update nya. Thanks

  • Irjen Anton Charliyan call interview di metro nih skrg, ktnya ledakan di Slipi, Kuningan, Cikini tdk benar. Jd teroris jg melakukan teror lewat sosmed. Beware!
  • Pesan dari grup sebelah:
    Prinsip terorisme adalah “membunuh satu orang untuk menyebarkan ketakutan kepada jutaan orang.” Jangan bantu teroris dengan turut menyebarkan ketakutan dan foto korban berlebihan. Mereka ingin kita overreact dan hidup dalam ketakutan. Tetap waspada dan terus berdoa.
  • Transkrip Jokowi

di Rumah Kerang Jalan Ki Ageng Tapa, Kab. Cirebon, Jawa Barat, Kamis (14/1/2016).

Tadi kurang lebih 40 menit yang lalu. Saya mendapatkan laporan, mendapatkan informasi mengenai kejadian ledakan dan penembakan di Jalan Thamrin di Jakarta.

Kita semuanya tentu saja berduka atas jatuhnya korban dari peristiwa ini. Tapi kita semuanya juga mengecam tindakan yang mengganggu keamanan masyarakat, mengganggu ketenangan rakyat, dan menebar teror pada masyarakat.

Saya telah perintahkan pada kapolri, menkopolhukam, untuk kejar, untuk tangkap, baik yang di peristiwa maupun yang ada di jaringan2 ini.

Negara, bangsa, dan rakyat, kita, agar tidak boleh takut, tidak boleh kalah oleh aksi teror seperti ini. saya berharap masyarakat tetap tenang karena semuanya terkendali

  • Guys menanggapi aksi pengeboman di 6 lokasi di Jakarta. PLEASE, Jangan bikin hastag. Jangan bikin hastag. Jangan mau jadi buzzer gratisan. Ini tujuannya world attentions. NO #PRAYFORJKT.
    Makin kalian bikin, rupiah bisa 17rb.
    >Kalian semua bikin hastag.
    >Trending
    >Worldwide
    >Investor cemas Direct invest flow ditarik
    >Uang beredar naik Saving turun
    >Suku bunga naik
    >Kredit gagal bayar
    >Rupiah lemah
    >Inflasi
    >Krisis
    Jangan bikin psikologi netizen dunia rusak. Kalo mau social campaign bikin yg positif.
  • Dapat dari Teman:

Hindari mal kokas, fx, alam sutera dan palmerah
Tempat yg disebut tadi, dikonfirmasi oleh polisi.
Ancaman bom itu sdh sejak sebulan lalu
Himbauan dari rekan dari Dit.Intel Polda Metro…agar menghindari utk singgah dan mendekat ke semua tempat mkn dan minum American Branded…ada bbrp titik yg sdh dipasang bom…dan saat ini gegana sedang operasi

  • [1/14, 11:20] Fe (Nebengers): Jangan ada yg keluar kantor dulu guys, ada terios hijau sama motor trail bawa2 ak 47 nembak
    [1/14, 11:21] Fe (Nebengers): Nembakin pengguna jalan membabi buta
  • Himbauan dari rekan dari Dit.Intel Polda Metro…agar menghindari utk singgah dan mendekat ke semua tempat mkn dan minum American Branded…ada bbrp titik yg sdh dipasang bom…dan saat ini gegana sedang operasi
  • [14/01 12:02] SM Mas Suryo: ISIS sdh warning bahwa akan ada “konser” di indonesia — Anton Charliyan (kadiv humas polri)
  • [14/01 12:02] ‪+62 856-5917-5545: Palmerah confirmed bom, senayan confirmed bom, belakang dpr lapangan tembak cofirmed bom, alam sutra dibom confirmed..
  • [1/14, 11:32 AM] ‪+62 852-7153-8857: Info dr grup sebelah: Salah satu pelaku lari kearah semanggi. Masih nenteng senjata. Maka semanggi diutup. Pakai tril, infonya baju putih masih bawa senjata laras panjang.
  • [1/14, 11:36 AM] ‪+62 852-7153-8857: Info lain
    Jangan ada yg keluar kantor dulu guys, ada terios hijau sama motor trail bawa2 ak 47 nembak
    Nembakin pengguna jalan membabi buta

 

See? Kerasa ga hawa mencekam saat itu, HANYA DARI BACA GROUP CHAT.

Begonya gw, gw lebih percaya dengan setiap kata dari pesan broadcast yang menyebar dengan sangat cepat itu daripada media online yang terpercaya. Gw pikir media online lambat atau kurang update daripada pesan broadcast.

Teman-teman gw yang di Bandung bahkan juga terkena virus yang sama. Mereka bertanya tentang kabar gw, mereka mengaku kalau mereka juga sangat khawatir. Gw semakin panik waktu gw tau kalau kakak gw lagi ada di Kantor Pajak Jakarta Pusat dan dekat dengan lokasi kejadian.

Entah apakah orang lain merasakan hal yang sama dengan gw, tiba-tiba gw pengen pulang. Gw inget bokap nyokap gw dan gw jadi sangat merindukan mereka. Gw meminta mereka untuk mendoakan gw dan kakak gw. “Mama sayang ade,” balas nyokap gw begitu. Gw jadi sedih.

Jakarta dirundung mendung. Suasananya tegang dan mencekam. Akhirnya Polisi mengatakan bahwa situasi sudah terkendali dan pelaku sudah ditangkap. Tegang berganti rileks, lalu lemas. What a day!

Setelah tahu kenyataannya bahwa ledakan hanya terjadi di sekitar Mall Sarinah, mendadak gw merasa konyol dan bodoh sekali. Kok bisa-bisanya gw percaya broadcast yang menyerbu group chat seperti virus dan gw mempercayainya tanpa menyaringnya sama sekali? Dasar teroris k*mpr*t!!!

Tetapi saat itu gw bersyukur dengan perasaan lega yang terkira. Sebenarnya weekend minggu ini gw berencana untuk ke Thamrin City untuk berbelanja sama temen gw. Bersyukur teror tersebut tidak terjadi di kala weekend. Tuhan, Engkau sungguh baik!

Tidak hanya gw, rakyat Indonesia pun merasakan kelegaan yang sama ketika situasi sudah terkendali. Maka selanjutnya, pemberitaan yang menegangkan berganti dengan lelucon yang konyol. Inilah orang Indonesia, situasi apapun bisa dijadikan bahan untuk melucu. Dan pada dasarnya orang Indonesia itu susah untuk serius dalam waktu yang lama, kadang bercandaannya kelewatan. Beberapa lawakan yang gw salin dari group chat, beserta beberapa meme (kok bisa yang kepikiran? Haha)

  • Yang lucu :
    Ini bukan hoax ..
    Bagi teman teman yg bekerja dihimbau untuk tidak keluar kantor dulu…kecuali sudah pasti diterima di kantor lain..
  • Dari group sebelah : Jangan ke mall dulu ya semuanya, karena sekarang apapun bisa dibeli online di www.lazada.co.id
  • Himbauan :

Agar menghindari tempat mkn dan minum American Branded…di sarankan mendekat ke rumah makan padang setempat

Ttd
RM Sederhana

  • Manteman hati-hati di jalan yaa. Barusan banget aku keluar dari rumah. Tetiba ada yang ngancem pake gunting. Alhamdulilah aku sigap kasih batu. Kalau aku kasih kertas pasti menang.
  • Barusan dapet info dari temen, di daerah bandara Soekarno-Hatta juga ada penembakan.Tapi si ceweknya nolak dengan tegas dan pergi meninggalkan si pria.

Belum lagi dengan meme-meme yang ada :

IMG-20160114-WA0016

IMG-20160114-WA0017

 

Yah itulah orang Indonesia. Situasi apapun bisa dijadikan objek untuk melucu. Ohhh…I love Indonesia!

Setelah ketegangan sepanjang siang hari itu, gw merenung. Teroris itu berhasil membuat rakyat panik, cemas, takut dan resah saat itu, dengan menyebarkan isu yang tidak benar melalui sosmed. Namun gw, bersama jutaan rakyat Indonesia yang lain, tidak akan merasa takut untuk seterusnya. Kami tidak takut dengan kalian, hai teroris. Apapun yang kalian lakukan, kalian tidak akan berhasil membuat kami terpecah belah!

Maka selanjutnya, gw teringat dengan lagu Pandji Pragiwaksono yang berjudul “Kami Tidak Takut,”. Mendengar lagu itu, keberanian gw menjadi terbangun. Lagunya bisa didengerin di sini

Keep praying for our country guys! God bless us!

Leave a Reply

