To Be Presenter at IAGI 2016

Haloooo…akhirnya rubrik geologi ini terisi kembali, haha. Tanggal 10-13 Oktober alias dua bulan yang lalu gw menghadiri konferensi IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia), yaitu suatu event tahunan bagi seluruh geologist di Indonesia. Perhelatan ini diadakan di Trans Studio Hotel, Bandung.

Di konferensi ini Puji Tuhan gw bisa mengirimkan paper dan mempresentasikannya. Papernya masih berasal dari penelitian tugas akhir gw tiga tahun lalu, hehe. Gw lega, akhirnya gw tuntas mempublikasikan tugas akhir gw berupa dua paper.

Berikut adalah abstrak paper gw :

Exposed Basement Characteristics of Northern Barito Basin, Siung Malopot Area, Central Kalimantan
Anggritya K D (1), Priadi B (2)
1 Stratigraphy Group, Exploration Division, LEMIGAS
2 Geological Engineering Department, Faculty of Earth Sciences and Technology, Institut of Technology Bandung
Abstract

Borneo island has a complex geological history, it can be seen from its basement lithology as a result of tectonic events at a certain age, particularly the Pre-Tertiary. Meta-andesite, breccia, and granodiorite as exposed basement lithology in the research area, allegedly uplifted and eroded due to compressional phase during the Miocene and Plio-Pleistocene. Research area that located in the Siung Malopot Area, Central Borneo, geologically is part of the northern Barito Basin.

The authors present the results of petrographic study of basement lithology in research area that has been metamorphosed, microscopically visible the presence of secondary minerals of prehnite and zeolite, and the presence of other characteristics that indicate strong deformation in the basement rocks. In addition, some mysterious limestone boulders found in the research area contains larger foraminifera fossil of Late Pennsylvanian-Early Permian, which is suspected derived from reworked fossil of older lithology.

Keywords : Borneo, Barito Basin, basement, larger foraminifera, metamorphic facies..

Link proceeding paper gw bisa diunduh di link berikut :

https://drive.google.com/file/d/0B20SAfyzcCfBNTcyaWVXLWc3WWc/view?usp=docslist_api

Entah kenapa sepanjang tahun ini gw sering diingatkan tentang kebaikan Tuhan di masa lampau. Setiap gw mengingat perjuangan menyelesaikan tugas akhir gw yang berdarah-darah, gw selalu beryukur punya Tuhan yang amat sangat baik. Ketika rintangan demi rintangan masa lalu sudah Tuhan atasi, gw percaya rintangan-rintangan di masa depan pun demikian. Gw tidak perlu khawatir, walaupun rasanya sulit untuk tidak khawatir.

Percayalah seperti di saat kamu khawatir.

img-20161012-wa0002img_20161012_075101

Selain presentasi, di event IAGI ini gw juga menjaga booth LEMIGAS, kalau-kalau ada geologist yang berkunjung, antara ingin tahu tentang LEMIGAS atau syukur-syukur ngasih project :p. Lucunya, stand LEMIGAS berdiri di sebelah booth Geodin. Alhasil di saat giliran jaga booth kadang-kadang gw main ke booth sebelah. Gw turut senang melihat geodin masih bisa berjalan sampai sekarang.

img-20161013-wa0012

img_20161011_133145

Booth LEMIGAS sama Geodin yang bersebelahan, hehe

Di saat acara penutupan, hoki gw lagi bagus, gw mendapatkan doorprize berupa power bank (lumayaaann). Di acara penutupan juga gw berbincang dengan seorang professor dari suatu universitas di Myanmar, namanya Miss Cho. Ssaat itu gw berniat menemani beliau yang sedang sendirian, sekalian melatih skill bahasa Inggris gw juga. Tidak disangka, di akhir percakapan beliau memberikan gelang dari batu giok. Suka banget sama model gelangnya! Terimakasih Mrs Cho! Suatu saat saya akan mengunjungi Myanmar dan bertemu dengan anda lagi, juga bertemu dengan para profesor geologi yang lain dari Myanmar. Pasti.

img_20161013_131934

Zed bracelet from Mrs. Cho. Thank you!

Demikian cerita gw kali ini di konferensi tahunan IAGI 2016. Bersyukur punya Tuhan yang luar biasa baik.

Bye bye readers!!

Leave a Reply

