Desember 2014

Transformation Year

Sekarang waktu menunjukkan pukul 23.55, yang berarti hari Natal akan berakhir 5 menit lagi. Rumah gw sekarang udah sepi banget, semuanya udah tidur. Berhubung dua hari lagi gw mw berangkat liburan ke Jogja, berarti besok adalah hari terakhir gw di Bandung pada tahun ini. Ditemani dengan buku agenda yang gw bawa-bawa sepanjang tahun ini, gw memanfaatkan malam ini untuk merenung, mikirin repelita tahun depan dan mengingat kembali apa yang terjadi sama gw sepanjang tahun ini.

Beberapa hari ini menjelang Natal, gw merasa gw ga dapet kado apa-apa dari Tuhan. Gw agak sedih, lalu merasa kosong. Kayanya orang lain bahagia dengan kadonya masing-masing yang spektakuler, dan gw hanya menatap tangan hampa. Gw merasa sulit untuk bersyukur ketika gw hanya terfokus pada hasil yang telah gw raih, dan gw lupa ternyata gw telah melewatkan proses yang luar biasa pada tahun ini.

Bagi gw, tahun ini adalah tahun penuh proses bagi gw sendiri. Ya, proses. Proses yang dirasa panjang dan cukup berat, serta banyak hikmah yang bisa gw petik. Gw ngerasa kaya dibongkar besar-besaran dan disusun ulang. Rasanya kaya kaki di atas, kepala di bawah, dikocok-kocok, isi perut keluar semua, gw harus ngeliat isi perut gw sendiri, trus gw telen lagi isi perut gw itu. Banyak pengalaman baru bersama orang-orang baru yang ga pernah terpikir sama gw sebelumnya, baik itu teman lama yang tiba-tiba menjadi sahabat, ataupun orang terdekat yang tiba-tiba menjadi jauh, yang melatih gw untuk memperhatikan orang lain dan tidak melulu untuk diperhatikan. Tahun yang juga mengizinkan gw untuk menjadi tegar sebagai seorang yang independen. Di tahun ini gw juga mendapatkan beberapa ilmu yang sangat berharga. Tahun yang dimana banyak titik waktu akhinya mata gw terbuka akan beberapa hal, termasuk fakta bahwa gw sangat menyayangi keluarga gw. Tahun yang memberika gw kesempatan merasakan berjerih lelah, sekaligus menikmati hidup. Tahun yang penuh pengalaman luar biasa dalam melayani Tuhan di berbagai tempat. Tahun transformasi, tahun pemulihan.

Di penghujung tahun ini gw menyadari bahwa saat ini hidup sudah diubahkan oleh Tuhan sendiri. Kalau gw mengingat-ingat apa yang gw alami sepanjang tahun ini, lalu gw bandingkan keadaan diri gw yang sekarang dengan keadaan tahun lalu, yang ada hanya rasa terheran-heran. Ternyata sudah sedemikian jauhnya gw melangkah bersama Bapa dan gw bisa melewati semuanya itu!

Gw memang ga punya apapun yang terlihat yang bisa dibanggakan, tapi gw punya hal tak kasat mata yang gw telah gw genggam : Damai Sejahtera. Dan gw bermegah akan hal itu.

Sebenernya gw ga usah minta kado natal yang terindah dari Tuhan setiap tahunnya, karena bagi gw, Tuhan Yesus sendirilah yang menjadi kado Natal terindah tersebut dan tak akan terganti. Gw bersyukur banget punya Tuhan yang mau menarik gw dari kegelapan menuju terang-Nya yang ajaib (1 Petrus 2 : 9), lalu diangkat menjadi anak-Nya, padahal gw ini bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Tidak hanya menjadi anak-Nya, tapi Tuhan terus menjaga gw untuk terus tetap menjadi milik-Nya dan tetap dekat dengan-Nya. Semakin hari gw semakin merasakan kasih-Nya yang berlimpah dalam hidup gw dan keluarga gw.

“Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku,” (Lukas 1 : 46-4)

Untuk repelita 2015 ga usah gw tulis disini lah yaa, hehe. Biar itu menjadi target pribadi aja 🙂

Selamat datang 2015. Selamat datang tahun penuh mimpi. Aku, Kristyarin Dwi Anggritya, akan menjalaninya bersama Tuhan 🙂

Happy Christmas, folks!

Animals

Baby, I’m preying on you tonight
Hunt you down eat you alive
Just like animals, animals, like animals-mals

Maybe you think that you can hide
I can smell your scent from miles
Just like animals, animals, like animals-mals
Baby, I’m

So what you trying to do to me
It’s like we can’t stop we’re enemies
But we get along when I’m inside you
You’re like a drug that’s killing me
I cut you out entirely
But I get so high when I’m inside you

Yeah, you can start over, you can run free
You can find other fish in the sea
You can pretend it’s meant to be
But you can’t stay away from me
I can still hear you making that sound
Taking me down, rolling on the ground
You can pretend that it was me
But no

Baby, I’m preying on you tonight
Hunt you down eat you alive
Just like animals, animals, like animals-mals

Maybe you think that you can hide
I can smell your scent from miles
Just like animals, animals, like animals-mals
Baby, I’m

So if I run it’s not enough
You’re still in my head forever stuck
So you can do what you wanna do
I love your lies, I’ll eat ’em up
But don’t deny the animal
That comes alive when I’m inside you

Yeah, you can start over you can run free
You can find other fish in the sea
You can pretend it’s meant to be
But you can’t stay away from me
I can still hear you making that sound
Taking me down rolling on the ground
You can pretend that it was me
But no

Baby, I’m preying on you tonight
Hunt you down eat you alive
Just like animals, animals, like animals-mals

Maybe you think that you can hide
I can smell your scent from miles
Just like animals, animals, like animals-mals
Baby, I’m

Don’t tell no lie-lie-lie-lie
You can’t deny-ny-ny-ny
The beast inside-side-side-side
Yeah, yeah, yeah

No, girl, don’t lie-lie-lie-lie
You can’t deny-ny-ny-ny
The beast inside-side-side-side
Yeah, yeah, yeah

Yo…
Whoa…
Whoa…
Just like animals, animals, like animals-mals
Just like animals (yeah…), animals (yeah…), like animals-mals (yeah…)
Ow

Baby, I’m preying on you tonight
Hunt you down eat you alive
Just like animals, animals, like animals-mals

Maybe you think that you can hide
I can smell your scent from miles
Just like animals, animals, like animals-mals
Baby, I’m

Don’t tell no lie-lie-lie-lie
You can’t deny-ny-ny-ny
That beast inside-side-side-side
Yeah, yeah, yeah

No, girl, don’t lie-lie-lie-lie
You can’t deny-ny-ny-ny
That beast inside-side-side-side
Yeah, yeah, yeah

by : Maroon 5

Rather Be

We’re a thousand miles from comfort, we have traveled land and sea
But as long as you are with me, there’s no place I’d rather be
I would wait forever, exalted in the scene
As long as I am with you, my heart continues to beat

[Pre-Chorus:]
With every step we take, Kyoto to The Bay
Strolling so casually
We’re different and the same, get you another name
Switch up the batteries

[Chorus:]
If you gave me a chance I would take it
It’s a shot in the dark but I’ll make it
Know with all of your heart, you can’t shake me
When I am with you, there’s no place I’d rather be
N-n-n-no, no, no, no place I’d rather be [3x]

[Verse 2:]
We staked out on a mission to find our inner peace
Make it everlasting so nothing’s incomplete
It’s easy being with you, sacred simplicity
As long as we’re together, there’s no place I’d rather be

[Pre-Chorus]

[Chorus]

When I am with you, there’s no place I’d rather be

[Bridge:]
Hmmmmmmmmmm, hoooooooooo
Be [9x]
Yeah-e-yeah-e-yeah-e-yeah-e-yeah, yeah, yeah

[Chorus]

When I am with you, there’s no place I’d rather be

by : Clean Bandit

Brave

You can be amazing
You can turn a phrase into a weapon or a drug
You can be the outcast
Or be the backlash of somebody’s lack of love
Or you can start speaking up

Nothing’s gonna hurt you the way that words do
When they settle ‘neath your skin
Kept on the inside and no sunlight
Sometimes a shadow wins
But I wonder what would happen if you

Say what you wanna say
And let the words fall out
Honestly I wanna see you be brave
With what you want to say
And let the words fall out
Honestly I wanna see you be brave

I just wanna see you
I just wanna see you
I just wanna see you
I wanna see you be brave

I just wanna see you
I just wanna see you
I just wanna see you
I wanna see you be brave

Everybody’s been there,
Everybody’s been stared down by the enemy
Fallen for the fear
And done some disappearing,
Bow down to the mighty
Don’t run, just stop holding your tongue

Maybe there’s a way out of the cage where you live
Maybe one of these days you can let the light in
Show me how big your brave is

Say what you wanna say
And let the words fall out
Honestly I wanna see you be brave
With what you want to say
And let the words fall out
Honestly I wanna see you be brave

And since your history of silence
Won’t do you any good,
Did you think it would?
Let your words be anything but empty
Why don’t you tell them the truth?

Say what you wanna say
And let the words fall out
Honestly I wanna see you be brave
With what you want to say
And let the words fall out
Honestly I wanna see you be brave

I just wanna see you
I just wanna see you
I just wanna see you
I wanna see you be brave

I just wanna see you
I just wanna see you
I just wanna see you
See you be brave

I just wanna see you
I just wanna see you
I just wanna see you

I just wanna see you
I just wanna see you
I just wanna see you

by : Sara Bareilles

Chandelier

Party girls don’t get hurt
Can’t feel anything, when will I learn?
I push it down, push it down

I’m the one “for a good time call”
Phone’s blowin’ up, ringin’ my doorbell
I feel the love, feel the love

1, 2, 3, 1, 2, 3, drink
1, 2, 3, 1, 2, 3, drink
1, 2, 3, 1, 2, 3, drink

Throw ’em back ’til I lose count

I’m gonna swing from the chandelier, from the chandelier
I’m gonna live like tomorrow doesn’t exist
Like it doesn’t exist
I’m gonna fly like a bird through the night, feel my tears as they dry
I’m gonna swing from the chandelier, from the chandelier

But I’m holding on for dear life, won’t look down, won’t open my eyes
Keep my glass full until morning light, ’cause I’m just holding on for tonight
Help me, I’m holding on for dear life, won’t look down, won’t open my eyes
Keep my glass full until morning light, ’cause I’m just holding on for tonight
On for tonight

Sun is up, I’m a mess
Gotta get out now, gotta run from this
Here comes the shame, here comes the shame

1, 2, 3, 1, 2, 3, drink
1, 2, 3, 1, 2, 3, drink
1, 2, 3, 1, 2, 3, drink

Throw ’em back ’til I lose count

I’m gonna swing from the chandelier, from the chandelier
I’m gonna live like tomorrow doesn’t exist
Like it doesn’t exist
I’m gonna fly like a bird through the night, feel my tears as they dry
I’m gonna swing from the chandelier, from the chandelier

But I’m holding on for dear life, won’t look down, won’t open my eyes
Keep my glass full until morning light, ’cause I’m just holding on for tonight
Help me, I’m holding on for dear life, won’t look down, won’t open my eyes
Keep my glass full until morning light, ’cause I’m just holding on for tonight
On for tonight

On for tonight
‘Cause I’m just holding on for tonight
Oh, I’m just holding on for tonight
On for tonight
On for tonight
‘Cause I’m just holding on for tonight
‘Cause I’m just holding on for tonight
Oh, I’m just holding on for tonight
On for tonight
On for tonight

by : SIA

Rasa Memiliki

Ditemani laptop yang batrenya masih penuh, segelas McFlurry Oreo dan lagu-lagu tahun 2000an, disinilah gw terdampar di No-Smoking Area McD BIP. Bukan terdampar sih, lebih tepatnya mendamparkan diri. Tumben banget disini lagi sepi. Mungkin karena sekarang hari Rabu, bukan malam minggu. Di ruangan gw sekarang cukup lengang, hanya ada satu geng yang nampaknya kumpulan anak-anak kuliah tingkat 1 ato 2, sekumpulan dua orang cewe yang nampaknya sahabatan, ada satu orang yang lagi asik makan sendirian dan (tentu saja) ada sepasang kekasih. Gw seneng kalo berada di tempat yang bisa bikin gw bebas sendirian dan ga usah khawatir ketemu orang yang gw kenal. BIP beberapa tahun lalu adalah salah satu tempat yang gw hindari kalau pengen jalan sendirian, atau minimal harus sama temen kalau mau kesini supaya ga keliatan kagok. Sekarang sih bodo amat. Atau inikah dunia yang harus gw hadapi menjelang dewasa? The world without friend, go everywhere as stranger. Tapi sebagai orang yang ga suka dengan kebisingan dan menikmati kesendirian, gw sih suka-suka aja.

Oke, Mc Flurry gw habis, mari saatnya gw menulis dengan serius, haha.

Gw akhir-akhir ini merenungkan tentang rasa memiliki. Kenapa kita sebagai manusia harus punya rasa memiliki, ketika kita tertarik akan sesuatu? Ketika ada seorang pujangga yang bilang kalau ‘Cinta itu tidak harus memiliki’, oke gw setuju, emang ga harus, tapi ga usah munafik deh, ketika kita cinta otomatis kita punya hasrat ingin memiliki kan? Itu adalah hukum alam yang dimana keduanya ga bisa dipisahkan.

Akhir-akhir ini gw melihat kejadian yang berhubungan dengan rasa memiliki.

Ada dua orang, pria dan wanita, secara status mereka bukan sepasang kekasih lagi, namun di satu pihak masih memiliki hasrat untuk terus memiliki, sedangkan pihak yang lain hasrat itu telah menguap dan ditelan angin. Hingga akhirnya hanya jarak yang mengungkapkan hasrat mereka yang sebenarnya. Hanya jarak yang bisa mengubah hati mereka itu menjadi 180 derajat dan sadar akan satu hal.

Ada seorang perempuan yang merasa dirinya biasa saja dan tidak ada yang istimewa dalam dirinya, tiba-tiba dia bertemu dengan seorang bapak-bapak yang justru terkesan dengan dirinya yang biasa itu. Ternyata sang bapak tersebut tidak pernah merasakan kehadiran anak gadis dalam hidupnya, karena dia hanya punya satu anak laki-laki. Sang bapak secepat kilat mengutarakan perasaanya, ingin memperlakukan si gadis sebagai anaknya. Si gadis yang notabenenya bukan berasal dari keluarga broken home, malah keadaan keluarganya sangat baik, jadi bingung dan bertanya-tanya, ‘Aku harus bagaimana? Aku  ga mungkin punya dua bapak! Dan aku sayang sekali dengan orang tua kandungku yang sudah membesarkanku seumur hidupku. Aku ga bisa memperlakukan orang itu seperti orang tuaku karena aku baru mengenalnya beberapa hari ! Dan gilanya sekarang ia memintaku untuk memanggilnya Ayah???’.

Ada sesosok pria yang harus menelan kenyataan pahit, melihat mantan kekasihnya mempersiapkan pernikahan dengan orang lain. Dia sesungguhnya setuju kalau mantan kekasihnya itu bersanding dengan lelaki lain, namun apa dikata karena hasrat ingin memiliki itu belum pergi.

Ada seorang ibu yang memandang anak gadisnya dengan tatapan sendu. Si gadis tidak tahu bahwa seorang ibu yang menatapnya itu ternyata adalah ibu kandungnya. Karena satu dan lain hal, si gadis harus dibesarkan dengan orang lain. Ketika sekarang mereka kembali dipertemukan, seperti ada perjanjian tidak tertulis bahwa orang yang membesarkan si anak gadis tersebut lebih pantas disebut ibu dibanding dirinya yang terpaksa harus meninggalkan sang gadis saat belia. Tidak ada yang membolehkan gadis tersebut menyebut dirinya sendiri sebagai ‘ibu’, bahkan bumi dan langit pun setuju. Ditambah lagi tidak ada anak lain yang ia punya, sekedar pelipur lara dan menghilangkan rasa ingin memiliki yang semakin hari semakin menggebu akibat kodrat yang dimilikinya seorang ibu. ‘Bunda rela kamu bersama orang tua yang lain, tapi Bunda sayang sekali sama kamu, nak!”

Keempat contoh cerita di atas akan menjadi indah kalau rasa memiliki itu hadir di dalam hati semua pelaku. Tidak ada yang merasa bertepuk sebelah tangan, tidak ada yang merasa kehilangan dan tidak ada yang merasa tidak diacuhkan.

Gw? Gw senang melakukan hal-hal sederhana seperti olahraga bersama nyokap-bokap gw sabtu pagi di komplek rumah, trus pas pulang makan gorengan bareng. Nonton tivi bareng di ruang keluarga pas pulang kerja, trus ketawa-ketawa ngomongin ga penting. Atau bareng-bareng makan tempe goreng dadakan pake sambel kecap buatan papah. Kami bertiga punya rasa memiliki yang kuat satu sama lain. Gw ga sanggup ngebayangin kalau sampe harus kehilangan mereka.

Dekaplahlah rasa memiliki itu erat-erat, ketika orang yang kita harapkan ternyata juga memiliki rasa yang sama. Karena biasanya ada serpihan sesal yang mengisi ruang yang ditinggal oleh rasa memiliki. Jagalah rasa itu baik-baik.

Demikian perenungan singkat gw. Jalanilah hidup ini sebaik-baiknya karena hidup itu hanya satu kali. Nikmati setiap detik kebersamaan dengan orang yang kita sayangi. Serangkaian kata-kata klise yang kerap kali diremehkan banyak orang.

Bye readers!

wpid-img-20141005-wa0010.jpg