November 2014

Festival Gendhing Gerejawi (FGG) 2014

Gw kebangun tadi kira-kira jam 2 subuh dan gabisa tidur lagi. Daripada bengong, gw nulis aja deh, diiringi lagu-lagu Float yang kerennya gokil abis. Lagipula gw udah janji juga mw nge-post kegiatan gw pas FGG kemaren.

Jadi, tanggal 2 November kemaren gw diikutsertakan (kesannya sepihak banget yak, haha) untuk menjadi penyanyi karawitan di Festival Gendhing Gerejawi (FGG) 2014. Persiapannya memakan waktu kurang lebih 3 bulan. Yang paling gw inget adalah betapa hektiknya hidup gw saat itu, susah banget nyari waktu latihan, berhubung ada deadline kerjaan dan gw juga harus spare waktu buat belajar bahasa Inggris. Kadang-kadang gw curi-curi waktu bolos latian sih, haha. Ada satu titik gw hampir nyerah, tapi gw udah terlanjur cinta dengan kesenian ini. Tapi Puji Tuhan, akhirnya gw (merasa) bisa menyanyikan lagu-lagu festival itu dengan baik, plus hafal semua liriknya. Menghafal lirik ini ga gampang, karena gw juga ga ngerti-ngerti amat. Untung ga pecah otak gw pas kemaren-kemaren nih, haha. Berikut lirik lagu yang gw dan teman-teman nyanyikan pas FGG kemaren :

 

Langen sekar ing pamuji

Langen sekar ing pamuji
Tuhu dados srana yekti
Muji asmane Jeng Gusti
Saestu nengsemken tyas mami

Prajalmi samya anek seni
Wulang kang kababar
Warta weh rahayu
Luwarking bebendu

Pancen, pancen elok tenan
Damel gumun kang mireng lan mandeng
Katon ayem patunggil ane sang Kristus
Yayah rena putra wayah sukarena

Tansah bingah ngidung
Swarga wus anganti
Wus cinandang wah sampun cinangkup
Tentrem lan rahayu gesang kula

Panandhang Iku Endah

Edha pirengna, yen panandhang ikutuhu endah
Edha pirengna, awit iku paringe Sang Maha Kwasa

Kinarya pepenget mring kita, minangka pandadaran uga
Mula aywa padha anggresula
Malah den kapara caos syukur ing pandonga

Edha pirengna, panandhang iku pamerdi tuhu
Edha pirengna, awit Rama tansah mriksani jiwaku

Rinengkuh putra ning Suwarga, pinerdi ngantos sacekapnya
Mula panandhang iku endah kanggo
Neter kita nuju urip kang sampurna

Aku Duwe Pamarta

Aku duwe Pamarta, Yesus Kristus asmanya
Kang wus ngurbanken sarira
Ngruwat aku sing dosa

Reff :

Duweku, duweku ya duweku
Gusti Yesus Pamartoku
Dak puji trus ing kalbu

Aku duwe Pamarta, Satuhu ing Kasetyan
Yen aku nyangga panandhang
Pinaringan karosan

#Reff.

Aku duwe Pamarta, putreng Allah pribadya
Yen aku karoban susah
Tinunggil mrih tan lesah

#Reff.

Aku duwe Pamarta, Salaminya pangrehe
Lamun pepeteng nglimputi
Gusti kang ngluwari.

#Reff.

Tantangan dalam menyanyi karawitan ini adalah, selain liriknya yang gw rada ga ngerti, yaitu bahwa gw harus nyanyi di oktaf yang tinggi dengan lantang. Bahasa Jermannya nyinden. Selain itu gw rada ga ngerti gitu sama musiknya. Gw ngerasa, dari semua musik yang gw denger selama hidup gw, musik gamelan adalah musik yang paling susah dimengerti. Dan percaya ato ngga, sampe festival berakhir pun gw ngga hafal sama urutan musiknya. Gamelan tuh semacem musik yang random tapi harmonis, ga paham deh gw, baru kali ini loh gw dibikin pusing sama musik. Mungkin lantaran kebanyakan instrumen dengan berbagai nada kali ya. Biar udah konsentrasi ngedengerin, tetep aja pas gw ngedengerin lagi gw ngerasa kaya baru ngedengerin iringan lagu baru. Ya akhirnya gw sangat mengandalkan ketukan gong untuk memulai menyanyi. Gw agak khawatir gitu, gimana kalo si penabuh gongnya lupa nge-gong?? Wah, kaco udah. Tapi karena gw gagal paham sama musiknya, ya udah, gw hanya ngandelin suara gong aja. Untung aja pas hari-H bapake inget mukul gong, haha.

Untuk penampilan, gw harus pake kebaya ala Nyonya Meneer (again). Gaya kebaya jadul, pake samping dan sanggul jawa. Tapi kalo dibandingin dandanan kebaya gw pas di nikahannya kak Laura, gw lebih suka penampilan gw di FGG ini sih meskipun lebih tradisional. Masalahnya sanggulnya berhasil, yippiee. Selain itu make up-nya juga lumayan. Dan gw bersyukur banget bahan kebayanya dari kain batik jumputan, jadi ga kerasa panas-panas amat (keringet mah tetep ngucur sih, terutama di idung gw, huft). Kebayang dong, nampil di bekasi nun jauh di mato, trus pake kebaya bahan brukat. Bunuh gw aja sekalian kalo kaya gitu. Oya, gw suka banget kebaya yang gw pake ini, selain enak bahannya, ngepas juga di badan, keliatan rapi jadinya. Berikut fotonya :

1414910654545

Total peserta FGG keseluruhan adalah sekitar 12 gereja. Berhubung gw udah terlalu lelah, gw pulang duluan ga ngikutin acaranya sampe abis, walaupun sebenernya penasaran sama penampilan peserta yang lain. Tapi gw sempet merhatiin orang-orang yang ikutan festival sih. Anak mudanya terbilang jarang sih, kebanyakan pesertanya di atas 30 tahunan lah. Ga bisa ngeceng coy. Haha, bukan itu sih intinya. Gw khawatir suatu saat budaya gendhing ini bakalan mati sih gara-gara ga ada generasi muda yang meneruskan. Tapi yang paling menarik di antara seluruh peserta adalah gw melihat ada beberapa gereja yang  mengikutsertakan anak-anak kecil untuk bermain musik gamelan! WOW, itu luar biasa banget loh. Cap dua jempol lah. Gw jadi malu sekaligus iri, gw udah segede gini aja ga ngerti musiknya, lah mereka malah maen gamelan. Cool!

Ngomong-ngomong, pas pembukaan gw ngeliat Tari Gambyong, tarian dari Jawa Tengah untuk menyambut tamu yang datang. Lagi-lagi gw iri, rasa-rasanya gw pengen nari lagi kaya waktu kecil. Tapi pas gw tanya Bule Ut, di Bandung belom ada sanggar tari Jawa, yang ada kebanyakan sanggar tari Sunda. Hmm, yasudahlah.

Hari itu hari sabtu dan di pintu cikarang macetnya ga ngerti lagi. Sambil nungguin macet di perjalanan pulang, gw ngurain rambut gw yang keras banget gara-gara hair spray. Bete. Ritual yang paling emosional yang harus dijalani setelah disanggul sasak. Untuk tipe rambut gw yang licin ini emang butuh hair spray ekstra supaya sanggulnya berhasil. Alhasil gw merasa tersiksa setelahnya karena rambut gw berasa diguyur lem UHU.

Puji Tuhan, perjuangan yang panjang ini berbuah hasil juara ke-3 untuk GKJ Bandung. Gapapalah, taun lalu kita udah juara satu, bagi-bagi lah ke yang lain, hehehe. Berikut ini adalah foto peserta FGG 2014 dari GKJ Bandung :

10436160_10205058191603881_7544065472037884861_n

Sekian sudah cerita pengalaman gw mengikuti FGG 2014 kemaren. Semoga menghibur dan menginspirasi untuk tetep meneruskan kebudayaan Indonesia. Indonesia, negara yang sangat gw cintai dengan segala keberadaannya, kecuali politiknya. Seperti yang sahabat Soe Hok Gie, Herman Lantang bilang, politik itu T*i kucing!

Sampe ketemu di post gw selanjutnya! Enjoy ūüôā

Salah Jurusan

Panas terik matahari
o menyengat
o membakar kulitku
… kulitku
Debu-debu beterbangan
Asap tebal selimuti tubuhku
… tubuhku
Ku melangkah dengan lemas
Coba kejar bis tuk pulang ke rumah
Tenggorokan terasa kering
Ku bayangkan air dingin
o nikmat
o nikmat
Tapi sayang uangku tak cukup
Hanya cukup untuk bayar bis
Tapi sayang uangku tak cukup
Hanya cukup untuk bayar bis kota
Ku terjepit dalam bis
Yang telah penuh beraneka aroma
Dan ku lihat sedan mewah
o melintas
o melaju
o tenang
Lama ku melamun membayangkan
Nikmatnya di dalam sana
lama aku membayangkan
O sejuknya di dalam sana
Lama ku melamun membayangkan
Nikmatnya di dalam sana
Lama aku membayangkan
O sejuknya di dalam sana
Dan aku tersadar
O ku salah naik jurusan

by : //rif

Lost Stars

Please don’t see just a girl caught up in dreams and fantasies.
Please see me reaching out for someone I can’t see.
Take my hand, let’s see where we wake up tomorrow.
Best laid plans; sometimes are just a one night stand.
I’ll be damned; Cupid’s demanding back his arrow.
So let’s get drunk on our tears.

And God, tell us the reason youth is wasted on the young.
It’s hunting season and this lamb is on the run.
We’re searching for meaning…
But are we all lost stars trying to light up the dark?

Who are we? Just a speck of dust within the galaxy.
‘Woe is me’ if we’re not careful turns into reality.
Don’t you dare let our best memories bring you sorrow.
Yesterday I saw a lion kiss a deer.
Turn the page; maybe we’ll find a brand new ending.
Where we’re dancing in our tears.

And God, tell us the reason youth is wasted on the young.
It’s hunting season and this lamb is on the run.
We’re searching for meaning…
But are we all lost stars trying to light up the dark?

I thought I saw you out there crying…
I thought I heard you call my name…
I thought I heard you out there crying…
But just the same…

And God, tell us the reason youth is wasted on the young.
It’s hunting season and this lamb is on the run.
Searching for meaning…
But are we all lost stars trying to light up the dark?
Are we all lost stars trying to light up the dark?

by: Keira Knightley

Donna Donna

On a waggon bound for market
there`s a calf with a mournful eye.
High above him there`s a swallow,
winging swiftly through the sky.
How the winds are laughing,
they laugh with all their might.
Laugh and laugh the whole day through,
and half the summer`s night.

Chorus :
Donna, Donna, Donna, Donna; Donna, Donna, Donna, Don.
Donna, Donna, Donna, Donna; Donna, Donna, Donna, Don.

“Stop complaining!‚Äú said the farmer,
Who told you a calf to be ?
Why don`t you have wings to fly with,
like the swallow so proud and free?“

Chorus

Calves are easily bound and slaughtered,
never knowing the reason why.
But who ever treasures freedom,
like the swallow has learned to fly.

Chorus

by : Joan Baez

Cahaya Bulan

Perlahan sangat pelan hingga kadang kan menjelang
Cahaya kota kelam mesra menyambut sang petang
Disini ku berdiskusi dengan alam yang lirih
Kenapa matahari terbit menghangatkan bumi??

Aku orang malam yang membicarakan terang
Aku orang tenang yang menentang kemenangan oleh pedang

Perlahan sangat pelan hingga kadang kan menjelang
Cahaya nyali besar mencuat runtuhkan bahaya
Disini ku berdiskusi dengan alam yang lirih
Kenapa indah pelangi tak berujung sampai di bumi??

Aku orang malam yang membicarakan terang
Aku orang tenang yang menentang kemenangan oleh pedang

Reff:

Cahaya bulan menusukku dengan ribuan pertanyaan
Yang takkan pernah kutahu dimana jawaban itu
Bagai letusan berapi bangunkanku dari mimpi
Sudah waktunya berdiri mencari jawaban kegelisahan hati

Terangi dengan cinta di gelapku, ketakutan melumpuhkanku
Terangi dengan cinta di sesatku, dimana jawaban itu

Reff:

Cahaya bulan menusukku dengan ribuan pertanyaan
Yang takkan pernah kutahu dimana jawaban itu
Bagai letusan berapi bangunkanku dari mimpi
Sudah waktunya berdiri mencari jawaban kegelisahan hati

by: Eross feat. Okta

Satu Waktu

menyimpang dari tujuan paksa diriku
terjebak dilingkaran andai kau tahu itu
sembunyi melawan sesal gelapnya hariku
bimbang sejak diawal jika saja kau tahu
terpaksa menunggu hingga satu waktu
kita bertemu kan kuceritakan
semuanya padamu
gelisah itu
keadaan ini memaksa hati
berharap sembunyi tak kan terungkap
kesempatan ini akankah pergi
sesali diri takan terucap

pulih nanti
pulih nanti…

by : Rebbeca